My Blog

Just another WordPress.com weblog

Posts Tagged ‘mabung’

A-Q Molting, mabung, ngurak, nyulam pada burung

Posted by Sista pada Februari 4, 2009

Moulting atau molting artinya adalah rontok, berganti bulu atau meranggas.

Moulting/molting (burung) adalah proses bergantinya bulu tua secara periodik.  Normalnya setahun sekali atau lebih dan dalam setahun bisa dua kali untuk species burung terentu.

Kadangkala, istilah moulting diterjemahkan dengan berbagai istilah seperti ngurak, mabung, ambrol, nyulam dan sebagainya. Hanya saja ada perbedaan berdasar “asal kata” masing-masing istilah tersebut:

Ngurak” digunakan untuk menyebut kondisi bulu burung yang sudah tidak beraturan (terorak-arik) dan mulai rontoknya bulu2 kecil. Baca entri selengkapnya »

Posted in Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , , , , | 7 Comments »

Menangani AK mabung

Posted by Sista pada Januari 16, 2009

Met siang mas,

Maaf blom bs maen ke rmh mas krn msh repot. Mau tanya soal anis kembang (AK) mas.
Sy hbs beli AK pas posisi brodol alias ngurak alias mabung hehe…. biar komplit mas. Mmg sblum sy ambil sdh kelihatan AK-nya mau brodol. Stlah sampe di rmh msh ttp brodol tp stlah bbrp hari krn ada semut yg masuk ke sangkar akhirnya AK sy mandiin skalian cuci sangkarnya. Ternyata stlah AK tak mandiin e..e..e.. malah gak nerusin tuh brodolnya. Mhn info or pengalaman mas duto, gmn biar AK tsb lanjut brodolnya.

Matur nuwun,
Salam,
@nDry

Jawab:

Hehe, kalau itu kan pernah saya ulas di KM juga. Intinya diteruskan dengan terapi mabung total. Terapkan saja cara ini: Baca entri selengkapnya »

Posted in Anis Kembang | Dengan kaitkata: , , , | 1 Comment »

MB nggak ada ekornya dan cara menumbuhkan bulu…

Posted by Sista pada Januari 16, 2009

Salam Mas Duto. Kembali ke murai batu saya yang ekor hitamnya hanya satu. kemaren udah saya lihat tapi tidak ada bekas luka pada bekas cabutan tetapi ada bagian kulit yang lebuh keras daripada bagian lain? Pertanyaan?
1. Apakah bagian itu wajar atau haruskah tetap dikorek2? Selain dikorek adakah cara yang lain?
2. Kalau semuanya normal, umur MB itu sampai berapa lama? Dan selama umur itu berapa kali MB akan mengalami mabung? dan rata2 jarak waktu antara mabung ke mabung lagi itu kurang lebih berapa lama?
3. Dapatkah MB dan AM itu diletakkan dlm jarak yang relatif dekat ( kalau kondisi keduanya normal )
4. di solo dimanakah saya bisa mendapatkan trotolan MB yang baik dan kisaran di harga berapa ya Mas?

Terima kasih mas Duto
Salam

Jawab
1. Bagian yang lebih keras itu bisa jadi memang bekas cabutan bulu, terluka, dan kemudian sudah menutup lagi. Tunggu saja sampai masa mabung mendatang. Baca entri selengkapnya »

Posted in Murai Batu | Dengan kaitkata: , , , , | 2 Comments »

Kacer susah mabung

Posted by Sista pada Januari 16, 2009

Mas Duto, saya mo tanya nih. Saya punya kacer yang sudah 2 th tidak mau mabung2 sehingga bulu sudah pecah2. Saya sudah lakukan treatment yang bermacam-macam tp hasilnya nihil. Terakhir saya semprot pake cairan perontok buatan pabrik sampai habis 1 botol + perbanyak ulat hongkong, kurangi EF jangkrik + stop mandi + kerodong full. Ternyata sudah 2 minggu ini tidak membuahkan hasil, Baca entri selengkapnya »

Posted in Kacer/Poci | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Perawatan kacer mabung

Posted by Sista pada Januari 7, 2009

Om gimana cara merawat kacer pada saat sebelum mabung dan saat mabung dan kira2 berapa lama proses untuk kacer mabung?.  Trimmmsss……bwat infonya

Paunks

Jawab:

Perawatan untuk kacer ketika tanda-tanda mau mabung sudah kelihatan (bulu2 kecil mulai berjatuhan satu-dua) lakukan saja treatment mabung secara ekstrem agar mabung sempurna:
1. Full kerodong. Baca entri selengkapnya »

Posted in Kacer/Poci | Dengan kaitkata: , , , , | 9 Comments »

Bunyikan anis merah macet

Posted by Sista pada Desember 29, 2008

Baca entri selengkapnya »

Posted in Anis Merah | Dengan kaitkata: , , , | 17 Comments »

Agar branjangan cepat bunyi setelah mabung

Posted by Sista pada Desember 29, 2008

Baca entri selengkapnya »

Posted in Branjangan | Dengan kaitkata: , , | 2 Comments »

Agar AM bunyi sehabis mabung

Posted by Sista pada Oktober 24, 2008

Baca entri selengkapnya »

Posted in Anis Merah | Dengan kaitkata: , , , | 2 Comments »