My Blog

Just another WordPress.com weblog

Archive for the ‘Problem Umum’ Category

Biji sawi, pakan bagus untuk kenari

Posted by Sista pada Februari 18, 2009

Oleh: Kian Sing

Biji sawi (Brassica napus), yang dikenal juga dengan nama biji canola, adalah anggota dari keluarga Brassicaceae (ada hubungan keluarga juga dengan mustard ataupun kol). Namanya diadaptasi dari bahasa Latin untuk turnip, rapum atau rapa, dan dikenal di Inggris pada akhir abad ke-14. Biji sawi ditanam untuk diproduksi sebagai makanan hewan, minyak tumbuhan untuk konsumsi manusia dan untuk bio diesel.
Produsennya termasuk negara-negara Uni Eropa, Canada, Amerika Serikat, Australia, China dan India. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, tanaman ini adalah bahan terbesar nomor tiga di minyak nabati, setelah kedelai dan minyak kelapa, juga sumber makanan berprotein terbesar nomor dua di dunia walaupun hanya seperlima dari keseluruhan produksi kacang kedelai.
Baca entri selengkapnya »

Posted in Kenari+Finch, Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , , | Leave a Comment »

Saya bukanlah pakar…..

Posted by Sista pada Februari 18, 2009

Banyak teman di blog ini maupun di forum website kicaumania.org menganggap saya sebagai pakar dalam perburungan. Pasalnya, saya sedemikian cepat dalam menjawab berbagai persoalan burung yang bahkan saya sendiri belum pernah melakukan perawatan burung seperti itu.
Saya sering kikuk karenanya, tetapi karena masih juga banyak yang beranggapan demikian, makanya saya terima sajalah… begitu saja kok repot ya…. Baca entri selengkapnya »

Posted in Problem Umum | 3 Comments »

Berbagai model tangkringan dan fungsinya

Posted by Sista pada Februari 11, 2009

Tangkringan dan sangkar burung memiliki beragam bentuk. Semua itu dibuat sesuai tujuan dan jenis burungnya.
Berikut ini beberapa gambar sangkar dan tangkringan di dalamnya, serta apa manfaatnya:

sangkar11

Baca entri selengkapnya »

Posted in Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , , | 2 Comments »

A-Q Molting, mabung, ngurak, nyulam pada burung

Posted by Sista pada Februari 4, 2009

Moulting atau molting artinya adalah rontok, berganti bulu atau meranggas.

Moulting/molting (burung) adalah proses bergantinya bulu tua secara periodik.  Normalnya setahun sekali atau lebih dan dalam setahun bisa dua kali untuk species burung terentu.

Kadangkala, istilah moulting diterjemahkan dengan berbagai istilah seperti ngurak, mabung, ambrol, nyulam dan sebagainya. Hanya saja ada perbedaan berdasar “asal kata” masing-masing istilah tersebut:

Ngurak” digunakan untuk menyebut kondisi bulu burung yang sudah tidak beraturan (terorak-arik) dan mulai rontoknya bulu2 kecil. Baca entri selengkapnya »

Posted in Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , , , , | 7 Comments »

Mengapa saya anti umbaran untuk burung lomba?

Posted by Sista pada Februari 4, 2009

Ada salah seorang KMer’s yang mengirim SMS ke saya mempertanyakan “Tips Om Kicau Hari Ini” di blog ini. Kebetulan tips yang saya turunkan dalam bentuk animasi adalah tulisan “Burung main umbaran? Sekali jalan setelah itu bubar… jangan melatih penyanyi seperti kita melatih petinju”…

Oleh karena itulah saya menulis hal ini. Ya bisa jadi tulisan ini akan mengundang kontroversi. Tetapi ya mangga, namanya saja ya pendapat, siapa saja boleh mendebat. Baca entri selengkapnya »

Posted in Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , | Leave a Comment »

Bulu kusam pada burung dan cara mengatasinya

Posted by Sista pada Februari 3, 2009

Banyak kicaumania menghadapi masalah bulu burung yang kusam. Bagaimana duduk perkaranya?

Hal utama penyebab bulu kusam pada burung adalah kurangnya minyak / lemak di “muara” kelenjar lemak yang terletak di atas pantat burung (istilahnya tepat enggak ya?). Untuk “menambahnya” beri minyak ikan, dengan cara disuntikkan ke jangkrik dan berikan ke burung.

Tetapi, kadang kala, bulu kusam pada burung bukan karena lemaknya kurang, tetapi lubang kelenjar minyak tertutup kotoran yang mengering ataupun bekas luka yang mengering. Baca entri selengkapnya »

Posted in Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , , , | 4 Comments »

Pencegahan dan pengobatan tuntas kutu pada burung

Posted by Sista pada Januari 27, 2009

sabarKutu pada burung bisa menyebabkan burung kerja tidak maksimal (karena selalu pengin garuk-garuk, hehehe) selain itu juga bisa menyebabkan bulu burung rusak.

Sebenarnya banyak tips yang sudah ditulis oleh penghobi burung di berbagai media. Di sini saya hanya akan menggaris bawahi dan menekankan perlunya pencegahan, yang naga-naganya kurang diperhatikan. Baca entri selengkapnya »

Posted in Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , , | 3 Comments »

Lagi, soal perbedaan burung jantan dan betina

Posted by Sista pada Januari 20, 2009

Saya mau tanya nih om, tp ini menurut “pandangan” Om Duto sendiri ya, ciri2 AM jantan yg signifikan tuh gmn atau d bagian apa om? Apakah di waktu trotol jg sh keliatan atau justru kalo udah dewasa?

Kata temen saya, yg paling jelas tuh lubang hidungnya yg depan berbentuk lancip atau menyerupai bentuk canary seed, apa benar tuh om? Selain itu apa aja. Mohon penjelasanya ya om. Baca entri selengkapnya »

Posted in Anis Merah, Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , | 1 Comment »

Beda Anis Kembang (AK) trotolan jantan-betina dan rawatannya

Posted by Sista pada Januari 20, 2009

Malem Om Duto, saya baru beli burung anis kembang (AK) dari anak berumur 1 bulan. untuk bedakan cowok-cewek gimana ya Om? Dan kalo siang hari digantungkan, AK suka tidur dengan satu kaki, apa AK sakit? Oh iya Om satu lagi, kalo memberi pakan apa saja yah, om biar cepet bunyi? Makasih yah Om.
Eko

Jawab:
Saya jawab soal kaki yang diangkat dulu ya. Itu tidak masalah. Biasalah burung ngangkat satu kaki ketika santai sambil ngeriwik ataupun tidur. Baca entri selengkapnya »

Posted in Anis Kembang, Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , , , , , , | 4 Comments »

Merawat burung di musim hujan

Posted by Sista pada Januari 16, 2009

Pa kabar Om.

Bagaimana om. tips terbaik untuk pemeliharaan burung dikala musim hujan begini dan kurangnya sinar matahari.
Om apakah baik memaster atau memancing burung supaya berkicau dikala burung sedang di dalam rumah (dikerodong). seberapa besar suaranya bila memaster supaya dapat dihapalkan dan dipelajari supaya dapat lulus ujian nantinya…..he….he.

Makasih ya Om.

Jawab
Yang penting tetap “mencuri-curi” jemur di pagi hari, atau sore hari sehabis hujan. Malam hari jangan lupa dikerodong. Atau, kalau burung dijadikan satu dalam satu ruangan, beri penerangan tambahan agar kondisi hangat. Baca entri selengkapnya »

Posted in Problem Umum | Dengan kaitkata: , , , , | 3 Comments »