My Blog

Just another WordPress.com weblog

Berbagai model tangkringan dan fungsinya

Posted by Sista pada Februari 11, 2009

Tangkringan dan sangkar burung memiliki beragam bentuk. Semua itu dibuat sesuai tujuan dan jenis burungnya.
Berikut ini beberapa gambar sangkar dan tangkringan di dalamnya, serta apa manfaatnya:

sangkar11

Gambar A adalah sangkar bulat dengan diameter beragam, mulai 40 sampai dengan 60 cm atau lebih. Tangkringan model itu digunakan untuk burung berekor panjang (murai batu misalnya), dengan tujuan agar ekor MB tidak rusak ketika MB tidur. MB tidur biasanya mencari tangkringan tertinggi dan mepet di ujung tangkringan. Dengan tangkringan model itu, maka ekor burung tidak menempel sangkar.

Sama fungsinya dengan Gambar A adalah sangkar Gambar C. Hanya saja ini menggunakan tangkringan model “T”. Kalau Gambar A, tangkringan bagian atas dihubungkan ke sangkar/kerangka sangkar dengan kawat (biasanya kuningan agar tidak mudah berkarat).

Sedangkan sangkar Gambar B menggunakan tangkringan model susun silang. Tangkringan ini berisiko merusakkan ekor burung ketika tidur. Tangkringan model ini biasanya digunakan untuk MB yang kalau sedang tarung bergaya geser kanan-kiri tubuh. Kalau MB model tarung seperti itu diberi tangkringan model T, dia akan banyak naik turun dari tangkringan kepala “T” ke tangkringan panjang (tempat dudukan tangkringan “T”).

sangkar2

Sangkar Gambar D digunakan untuk sangkar harian burung2 kcil seperti kenari ciblek dan lain-lain. Tetapi tangkringan model ini tidak disarankan karena ekor burung mudah rusak.

Sangkar Gambar E biasanya untuk kenari, kacer dan sebagainya. Tangkringan model ini ditujukan untuk burung yang berdasar gayanya sering bermain naik-turun dari satu tangkringan bawah ke tangkringan atas dan sebaliknya.

sangkar3

Gambar sangkar F dan G juga mempunyai fungsi yang hampir sama dengan sangkar Gambar E.

sangkar4

Sedangkan sangkar Gambar H mempunyai fungsi yang sama dengan sangkar Gambar A yakni agar ekor burung tidak rusak karena menempel jeruji sangkar. Ini biasanya digunakan untuk tangkringan Anis Merah atau Anis Kembang. Sedangkan sangkar Gambar I biasanya untuk pentet, kenari, atau sulingan yang suka nangkring di tempat sempit. Tetapi tangkringan model ini tidak dianjurkan untuk digunakan.

Masih banyak lagi model sangkar dan tangkringannya, tetapi sementara saya sampaikan itu dulu yakni model tangkringan yang umumnya dipakai para penghobi burung.

Tentu ini lain dengan model tangkringan burung paruh bengkok/LB yang biasanya juga diberi main-mainan dll.

2 Tanggapan to “Berbagai model tangkringan dan fungsinya”

  1. Galih said

    Selamat Pagi Om duto…
    Terima kasih sekali atas peluncuran artikel tentang beberapa model tangkringan burung dan fungsinya.. ini sangat bermanfaat sekali untuk saya khususnya dan umumnya bagi semua penggemar burung karena memang banyak sekali orang yang salah dalam penerapan model tangkringan dengan karakter burung yang ada didalamnya tersebut contohnya saya sendiri..hehehe. tapi setelah membaca artikel tersebut saya jadi mengetahui beberapa fungsi dan manfaat dari model tangkringan yang di gunakan.. dengan cepat bagaikan kilat saya langsung terapkan model yang cucok untuk burung saya… Sekali lagi saya ucapkan terima kasih sekali untuk om duto, dan semoga tambah sukses selalu dalam segala hal… Amin….
    regard
    galih

    Jawab:
    Hehehe, sama-sama…
    Amien….

  2. Galih said

    Pagi om…
    Maaf ni om, untuk gambar A bentuk tangkringannya saya rubah seperti gambar H nggak apa-apa kan? karena menurut saya jika seperti gambar A itu malah terlihat kurang bagus karena ada kawat/kuningan/tembaga yang terpasang sehingga terlihat kurang rapi, tetapi jika saya ganti dengan bentuk tangkringan seperti Gambar H ya sedikit bisa di bilang rapi lah… karena untuk gambar H bentuk tangkringan tersebut juga berfungsi untuk mengurangi kerusakan pada bulu burung saat tidur jadi menurut saya sama fungsinya dengan Gambar A. atau mungkin ada kegunaan lain untuk bentuk tangkringan A sebelah atas om?

    Thanks
    Galih

    Jawab:
    Kalau model A biasanya untuk MB (kurrungan besar), kalau H biasanya kurungan diamter 30-an untuk AM, AK dsb…..

    Sama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: