My Blog

Just another WordPress.com weblog

Umpan Ikan Mas/Tombro di Empang Bersirkulasi

Posted by Sista pada Januari 29, 2009

Untuk para penghobi mancing, ini ada resep umpan mancing tombro atau ikan mas di empang/kolam bersirkulasi. Ini adalah tulisan kiriman kawan kita, Anas  (Jakarta).

Umpan pagi :

1. Ikan mujaer 3 jari, 4 – 5 ekor

2. Tepung sagu 1,5 sdm (sendok makan)

3. Tepung ketan 3 sdm

4. 1 sdm susu dencow bubuk

5. Putih telor bebek 2 biji

6. Susu beruang kira kira 3 sdm (secukupnya).

7. Pandan secukupnya (ambil yg agak ujung, jangan terlalu pangkal)

8. Kroto 1 – 2 ons yang bagus (tidak bau). jika bau rendam dengan air panas sebentar lalu tiriskan.

Cara membuat:

1. Kukus ikan mujaer sampai empuk, kemudian ambil dagingnya saja (yg putih), duri jgn sampai ikut. kemudian haluskan.

2. Stlh halus campur semua adonan di atas hingga yakin merata, kecuali kroto dan pandan.(utk kroto selera, bisa di kukus lgsg atau bisa nanti dicocolkan pada waktu mancing.

3. Kemudian masukan pandan, kukus hingga bau wangi dari pandan keluar. kira2 40 menit, kemudian dinginkan. setelah itu umpan bisa d coba terutama pagi hari.

NB : untuk memasang umpan ini, tangan harus sedikit dibasahi, karena sangat lengket.

Umpan Siang:

1. Sarden tuna (DECHO)1 kaleng

2. Kinoy kristal 1 bungkus

3. Kinoy susu 1/2 bungkus

4. Katu lampak 1/2 bungkus

5. Super tombro warna kuning 1 bungkus

6. Susu dencow bubuk 1/2 sachet ( bungkus yg kecil)

7. 2 butir telor bebek kuningnya saja

8. Pandan

9. Kroto

10. 2 sdm tepung sagu ( fungsinya hanya untuk perekat umpan agar tidak hancur), tidak diberi tidak apa-apa.

Cara Membuat:

1. masukan sarden tuna (DECHO) ke dalam blender berikut minyaknya yg ada dlm kaleng tsb, masukan 2 butir kuning telor bebek ke dalam blender jg, kemudian haluskan dengan blender.

2. masukan item no 2 sampai 5 dan 10 di tempat lain yg kering, aduk hingga rata. kemudian masukan adonan sarden tuna DECHO dan kuning telor bebek yg telah di blender ke dalam adonan item no 2 sampai 5 dan 10, aduk hingga yakin merata. kemudian masukan pandan dan di kukus sampai wangi kira2 40 menit.

untuk kroto bisa dikukus langsung atau dicocolkan pada waktu mancing.

NB : usahakan lemparan pada waktu memancing hanya satu atau dua titik lemparan saja agar ikan bisa berkumpul, mudah2an yaa…amiien…

Selamat mencoba, tak doain mudah2an dapat banyak hik..hik..

Salam,

Anas

11 Tanggapan to “Umpan Ikan Mas/Tombro di Empang Bersirkulasi”

  1. suklowor said

    sip deh… cuman aku nggak begitu hobi mancing di kolam kurang menantang… mending di POLDA (Pol Daratan) alias pesisir…

    Jawab:
    Emang ente asli mana Om? Saya juga seneng mancing di daerah pesisir, entah utara atau selatan. Kalau utara paling seputara Batang (Celong) ke timur (Semarang/pelabuhan/ dam; Bonang/Demak; Bokor/Rembang). Kalau selatan ya paling Watu Karung dan Srau (Pacitan) atau Wedi Ombo (Wates). Paling sayab suka ya mancing di dam. Tempatnya asyik meski sekarang sudah nggak banyak ikannya lagi.
    Salam,
    Duto Solo

  2. suklowor said

    Saya Jogja mas… kalau saya mancing biasa di Pantai Samas, Trisik, Pandan simo… minggu depan mungkin mau coba pantai di Gunung kidul… survei lokasi dulu… masalahnya kalau gunung kidul yang bagus emang pantai Wedi Ombo ama Sadeng cuman jauhnya itu lho…

    oh iya kalau Wates bukan Wedi Ombo wedi obo itu pantai… tapi waduk sermo.. belum pernah mancing di sana sih…

    kapan2 mancing bareng ya…

    Jawab:
    Weh iya, ralat… Maksudnya Wonosari/Gungung Kidul, heheheh.
    Wah kalau mancing pasiran, saya nggak punya alatnya nih karena memang jarang mancing dengan orientasi pasiran. Kalau di daerah sana, paling ya senengnya mancing belanak. Tetapi saya nggak pengalaman mancing belanak. Umpan dan ubarampenya nggak mudeng.
    Mbok tolong bosa kalau ada tulisan soal mancing pasiran, kirim ke sini ya. Apalagi kalau pengalaman Om Klowor, pasti asyik.
    Ditunggu ya.
    Salam,
    Duto Solo

  3. anas said

    ya setuju saya,
    kalo mas klowor ada resep mancing d laut bagi tipsnya dong..
    saya pengen bgt mancing d laut nih tp blm kesampaian , kalo d jakarta di pulau seribu, pulau burung dll om.
    katanya banyak kakap sama giant travelly alias ikan KUE, perlawananya hebat katanya om..

    salam,
    anas

  4. Wah burungnya itu low imut imut , masa ada burung yang ga punya kepala…Iihhh..Imuuttt..

    Hihiihi Salam IFB Maz Duto…(^_^)

    Jawab:
    Imut seperti yang punya blog, wecks hwehehehehehe….
    Trims telah berkunjung.
    Salam,
    Duto Solo

  5. suklowor said

    Info MAncing Jogja mas Duto, & MAs Anas, itu link blog pemacing jogja, blognya keren info mancingnya handal… silahkan klik aja…

    makasih

    Jawab:
    Terima kasih….
    Sorry masuknya pesan Om Klowor ke SPAM jadinya agak telat terpantau.

  6. suklowor said

    atau liat aja di blogroll ku ada tulisan mancing disana…

    Jawab:
    Oke. Saya juga sudah meluncur ke blog mancing Jogja.

  7. anas said

    thanks mas klowor

    salam,
    anas

  8. kalau gue suka mancing mujair, umpannya tidak rumit. cukup dikasih cacing udah doyan.

    Jawab:
    Kapan nanti saya mau mancing ke Gresik, Om. Di daerah dekat dengan PLTU, tempat kawan main burung berkantor. Banyak ikan gedhe-gedhe katanya.

  9. anas said

    pake lumut mas jose, pasti jos kl mujaer…

    salam

  10. pake lumut itu ikan nila, yang warnanya agak abu2 mirip mujaer juga tapi agak gendut, dan bisa gede saya pernah dapat sampe 7 ons. Tapi kalo mujaer ireng harus pake cacing dan kail harus di tarik-tarik pelan. Cuman ikan mujaer ini paling besar paling 1 telapak tangan orang dewasa. Tapi kalau sudah musimnya satu hari bisa dapat 10 Kg dengan modal Rp. 10.000 memancing ditambak bandeng kalang anyar sidoarjo.

    Jawab:
    Kapan saya main Suroboyo, diajak mancing sana ya?
    Salam.

  11. anas said

    oh ya mas jose, kalo d jakarta namanya mujaer batu banyak terdapat di tambak sekitar muara gembong. biasanya saya pake udang, itu jg bgus kok sampai gak sempet ngrokok..he..he..

    salam

    Jawab:
    Hehehe, ya kan rokok sekarang diharamkan sama MUI heheheh. Puzing deh kalau mancing kok nggak… ….kok, ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: