My Blog

Just another WordPress.com weblog

Merawat burung di musim hujan

Posted by Sista pada Januari 16, 2009

Pa kabar Om.

Bagaimana om. tips terbaik untuk pemeliharaan burung dikala musim hujan begini dan kurangnya sinar matahari.
Om apakah baik memaster atau memancing burung supaya berkicau dikala burung sedang di dalam rumah (dikerodong). seberapa besar suaranya bila memaster supaya dapat dihapalkan dan dipelajari supaya dapat lulus ujian nantinya…..he….he.

Makasih ya Om.

Jawab
Yang penting tetap “mencuri-curi” jemur di pagi hari, atau sore hari sehabis hujan. Malam hari jangan lupa dikerodong. Atau, kalau burung dijadikan satu dalam satu ruangan, beri penerangan tambahan agar kondisi hangat.
Kalau burung tampak loyo, segera periksa, siapa tahu sakit dan perlu pengobatan segera.

Memaster/memancing burung bisa di mana saja dan dalam kondisi apa saja. Yang perlu diperhatikan, jangan ditempel terlalu ketat (bisa2 yang dimaster takut) dan jangan memaster burung fihgter (MB, kacer, sulingan/tledekan) dengan sama-sama burung fighter.

Keberhasilan memaster tergantung pula dari kecocokan karakter suara antara burung yang dimaster dengan masternya. Pakai saja burung master standar seperti cucak ijo (CI), cucak jenggot (CJ), lovebird, cililin (kalau ada), jangkrik, dan gereja kawin. Bisa burung/master asli, bisa pakai kaset/CD ataupun sonic master.

Salam,
Duto

3 Tanggapan to “Merawat burung di musim hujan”

  1. dd said

    Om mau tanya.boleh kan?
    klo untuk perawatan burung pada saat musim hujan boleh dimandiin ga?mengingat jarang bgt ada sinar matahari.
    Gimana caranya supaya burung tetap bunyi pada saat musim ini? soalnya kebanyakan burung2 pada ngeringkuk kedinginan ? Makasih om
    salam,
    dd

    Jawab:
    Ya tetap dimandikan. Ketika hari mendung, burung malah biasanya terlihat kepingin mandi (menghibas-kibaskan sayap dan menata bulu ekor dsb).
    Yang jelas, kalau udara terasa dingin tidak seperrti biasanya, kerodong sangat perlu untuk burung terutama malam hari.
    Untuk burung, tetap dijaga EFnya. Untuk antisipasi lain, coba lihat postingan saya mengenai beberapa penyakit pada unggas yang muncul ketika pancaroba ataupun musim penghujan. Coba dilihat-lihat, dimulai dengan meng-klik di sini.
    Salam,
    Duto Solo

  2. omiyan said

    hhmm waduh saya ga melihara burung pak…tapi ok juga tipsnya

    Jawab:
    Hehehehe. Tks dah berkunjung.

  3. dana said

    saya pnyatledekn, bru bli….tp knp ya klo bekicau slalu tgkahnya lincah …. terbg ksn-kmari. sambil ekornya keatas. tp terus bunyi. itu baik g ya????? pdhal mw aq ikutin lomba. trus sya minta tlg diajari merwat TL sya, agar bs memuaskan diarna lomba. tlg bget dblz via SMS
    085736937023……. trimksh bnyak

    Jawab:
    Tledekan yang bagus saat ini kalau bunyi “nyeklek” (mendongak) dan tidak terlalu banyak gerak/terbang ke sana kemari.
    kalau untuk rawatan biasa..cuma sulingan nggak suka kepanasan lama, bisa banyak tingkah. Kalau perlu pagi hari diembun-embunkan. Maaf gak bisa jawab pakai SMS Om. Soalnya yang SMS saja saya mohon untuk pakai blog… biar dibaca teman2 yg punya problem sama. Tks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: