My Blog

Just another WordPress.com weblog

Kenari dan umbaran

Posted by Sista pada Januari 16, 2009

Mas Duto kenapa KN usia 3-4 bulan dikurangi porsi umbarannya? tadinya saya mau pindahin KN saya ke kandang CR, sekalian buat kandang umbaran.
fungsi kroto pada KN hanya untuk ngerontokin bulu atau apa?
ada gak sih makanan yang bisa bikin KN cepet bunyi/gacor?

Jawab:
Jika sampai umur 3-4 bulan sudah selalu diumbar, itu sudah cukup untuk membuat otot-otot kenari berkembang maksimal.
Mulai usia itu, sebaiknya dikurangi umbarannya. Kenari atau burung apa saja yang terlalu banyak umbarannya, tarungnya malah nggak stabil. Kadang bagus tetapi malah banyak jeleknya, atau banyak loncat-loncat kesana kemari kalau ditarungkan.
Untuk treatmen agar burung fit dan sehat cukup dengan pengaturan pola makan, mandi dan jemur yang baik saja.
Coba simak kembali tulisan saya tentang “Kunci Utama Perawatan Burung” dan “Stop Pakan Sebelum Kenyang”. Atau juga “8 dari 10 Jawara tidak memerlukan umbaran”.
Cari saa melalui fasilitas “search box”.
Salam,
Duto

Iklan

5 Tanggapan to “Kenari dan umbaran”

  1. sahrul said

    om saya pemula pecinta kenari, sekitar 2 minggu yang lalu saya beli kenari, kata yang jual seh jantan semua,,, tapi yah namanya orang jual kadang benar kadang ngga,,,yang saya mau tanyakan apakah kenari usia 1-2 bulan bisa bunyi dan bagimana bunyi antara jantan dan betinya, n bagai mana biar cepat bunyi..
    Jawab:
    Usia 1-2 bulan baru ngriwik/ngreceki saja. Usia segitu, untuk yang jantan biasanya siudah ngriwik. Tetapi ada njuga betina anakan yang juga ngriwik. Bunyi jantan dan bertina kalau ngriwik sama saja. Hanya saja kalaupun ada betina yang ngriwik, suaranya pelan, terputus-putus, dan tidak sesering jantan.
    Untuk referensi mengenai memilih kenari, coba baca di sini dan di sini
    Salam,
    Duto Solo.

  2. bayu gunawan said

    hai om…
    om saya mau nanya, saya di rumah punya burung kenari warna nya kuning. yang jadi masalah kenapa ya kenari saya kalau barengin ama kenari temen-temen selalu nempel trus ke kandang. pada hal saya udah beli kenari betina, soal nya kata temen saya jodohin aja. tapi ga ada perubahan sama sekali.
    saya minta saran nya ma om duto.

    Jawab:
    Nempel terus di kandang bagaimana ta Om maksudnya?
    Tolong deh lebih jelas ya, saya tunggu.

  3. bayu gunawan said

    om maksud saya kenari saya kalau di kontesin nabrag-nabrag kandang trus dan ke bawah. tolong ya om kasih penjelasan?

    Jawab:
    Apakah seperti model mau ngejar musuh? Setelah mepet sangkar langsung bergaya “”jatuhan” ke bawah? Cona diterapi birahu denganb mentimun juga. Sudah saya tulis di beberapa postingan. Kalau mentok dan tidak bisa diatasi, coba gunakan trik di sini ini.

  4. bayu gunawan said

    om saya mau nanya bogena tuh semacam apa? apa itu obat atau sejenis makanan. maklum om saya masih pemula. o iya satu lagi, kalau untuk buat badan kenari langsing tuch gimana ya om?.

    Jawab:
    Bogena itu merek dagang obat2an/vitamin untuk kenari.
    Untuk membuat kenari langsing banyak dijemur dan mandinya. Coba lihat dan klik di sini.

  5. hadi said

    malam om duto,
    saya baru dapet kenari,umur (katanya masih muda;soale suarane masih pelan)
    saya baru di kenari,yang mau saya tanyakan
    1. masih bisa dimasukan kandang umbaran apa gak ya,bok jadi banyak gerak,kalau iya seminggu berapa kali?
    2. agar ngotot ef-nya apa
    3. sayur+buah apa mutlak harus selang seling ya?
    4. kalau baru satu kali mabung isiannya bisa hilang apa gak ya om
    trims bnyk om,
    oya ini dpt dr pnngkr di krtsuro,kmren di bwain mas-ku,
    salam

    Jawab:

    1. Kalau masih mudaj perlu sehingga otot2 berkembang sempurna. Kalau sudah menginjak remaja nggak perlu. Diletakkan d kandang yang agak besar saja.
    2. Ef untuk kenari muda tetap kroto bartang 20 biji (yang lembut) Tiga hari sekali, beri 1 telor puyuh rebus.
    3. Tidak mutlak selang-seling. Yang penting selalu tersedia saja Om.
    4. Isian kenari bisa hilang sewaktu kenari ngurak dan mendengar suara burung KN suara standard meski sudah ngurak misalnya sampai sudah 2 kali.
    Untuk mrmpertahankannya, ketika mabung ditempatkan /ditempel dengan suara masterannya. Tetapi cara demikian tetap pecuma jika KN pernah mendengar lagu kenari “lain” dalam waktu lama atau terlalu banyak dikumpulkan dengan kenari suara/ lagu standard.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: