My Blog

Just another WordPress.com weblog

Cara membuat lovebird / LB gacor

Posted by Sista pada Januari 16, 2009

Pagi om,maap om sy terlalu banyak bertanya nech…?om klo love bird supaya cepet gacor makanannya pke apa yach…?soalnya klo disimpan diluar/depan rumah tu LB sy tidur melulu….?pa LB saya kurang sehat.dan dulu sya pernah kirim surat tentang anis merah sampe sekarang belum ada perubahan..soalnya bulunya dah pd kering tapi masih blm jatuh juga tu bulu2nya…….tolong kasih masukan tentang LB saya ya om…….trimakasih.

Jawab:
Banyak tanya juga nggak apa2 Om selama saya memang bisa menjawabnya, akan saya jawab. Kalau tidak bisa, jangan khawatir, saya punya banyak kawan ahli burung yang kebetulan nggak senang main blog, hehe. Dia pasti akan senang hati menjawab pertanyaan Om.
Untuk LB, memang ada pakan standard, yakni:
1. Biji-bijian (bisa beli pakan jadi di pasaran yang biasanya untuk kenari).
2. Sayuran segar (tauge, kangkung, jagung). Beri setiap hari bergantian.
3. Buah2an seperti pisang atau pepaya (ada LB yang doyan ada yang tidak doyan karena tidak terbiasa. Kalau diberi apel, pastikan bijinya tidak disertakan karena mengandung zat yang bisa meracuni LB.
4. Beri pasir grit atau totok cumi di dalam sangkar. Grit berfungsi membantu pencernaan dan membantu proses pembentukan cangkang telur.
Jangan beri apapun yang mengandung banyak lemak, garam atau gula seperti donat, roti, atau tart (kalau ada kirim saja ke Solo, hehehehe).
Ingat selalu untuk menyingkirkan pakan segar dari sangkar sebelum membusuk.

Untuk LB kicauan (bukan penangkaran), bisa lakukan terapi sebagai berikut:
1. Pagi-pagi LB dimandikan dengan disemprot sampai basah hingga kuyup. Kalau matahari belum menyengat, bisa langsung dijemur. Kalau sudah menyengat, angin2kan dulu biar bulu kering baru dijemur, sampai sekitar jam 10-an.
2. Penyemprotan bisa dilakukan lagi setelah LB diangkat dan diangin-anginkan. Semprot sampai basah kuyup dan diangin2kan lagi. Setelah mengering, jemur lagi sampai siang.
Jika dilakukann secara rutin selama sepekan dan hari2 berikutnya minimal 3 kali sepekan, LB akan suka berkicau.
Salam,
Duto

Iklan

2 Tanggapan to “Cara membuat lovebird / LB gacor”

  1. indra said

    Om makasih info tentang murainya.skr hati saya makin mantap u ngerawatnya,mudah2han 1 bln lagi ambrol.saya udah pesan c.lilin ke p.alam. skr saya mau tanya tentang LB. kalau LB ikut lomba kreteria apa yg dinilai.LB saya warna hijau suaranya puaanjaang dlm lomba sampai 6x ngeluarin,tapi tidak juara om.padahal penonton yg enggak saya kenalpun bilang kl LB saya yg juaranya.sudah 3x saya turunin di 3 even yg berbeda,2x regional 1 x nasional(HUT KODAM SILIWANGI)di bdg.jangankan juara di tos pun enggak,jujur om kalau kurang kasar saya akui,tapi LB saya paling puaaanjang suaranya.saya penasaran om.saya enggak mau nyalahin juri.skr LBnya saya ternak dikandang 2m persegi bersama 4 pasang LB lainnya.alhamdulillah br panen 1 ekor kmaren telor tunggal.insya allah 2 minggu lg panen 2 ekor lg.saya kepengen cetak LB yg suaranya kasar pisan & puaaanjang.saya penasaran om kepengen tembus di nasional kelas LB.

    Jawab:
    Kadang yang namanya lomba memang membuat orang bertanya2 mengapa ini menang dan itu tidak dsb. Faktor subyektivitas juri dan juga subyektivitas penonton kadang membuat lomba jadi kisruh dsb. Jadi itulah kelemahan kondisi lomba saat ini. Terlepas dari subyektivitas juri dan peserta, maka LB yang bagus adalah yang suara ngekeknya panjang, “ngesap”/ bertumpuk dan keras. Tentunya panjang itu relatif, umumnya dengan “ngekek” di atas 45 detik itu sudah panjang, tetapi ada juga yang sampai 90 detik tanpa putus suara bertumpuknya.
    Juga soal keras, tentunya dibandingkan dengan kerasnya LB dari peserta lain. Kan di lomba tidak diukur untuk mengetahui kerasnya sampai berapa desibel dsb, jadi semua ya diperbandingkan dengan suara LB lain di arena saat itu.
    Untuk menangkar LB “kelas atas” yang paling utama adalah memilih indukan yang “kelas atas” juga, baik untuk induk jantan atau betina. Di Jogja misalnya, ada penangkar, namanya Om Dwi, yang memiliki indukan bagus2 karena rata2 adalah jawara di sejumlah area lomba. Kapan nanti, Om Dwi sudah bersedia mau berbagi ilmu dengan teman2… tunggu saja ya.
    Semoga sukses penangkarannya.

  2. indra said

    Kalau boleh tau kira2 dimana alamat om dwi,kira2 berapa harga perpasang.

    Jawab:
    Bisa tanya ke Ketua KM Regional Jogja, Om Mac di nomor telepon 081915555191.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: