My Blog

Just another WordPress.com weblog

Bunyikan anis merah macet

Posted by Sista pada Desember 29, 2008

Anis merah (AM) macet banyak sebabnya. Bisa jadi karena sakit (termasuk masa ngurak-mabung) dan tidak birahi.
Semua burung kicauan pada dasarnya bisa bunyi, hanya saja untuk cewean, tidak seperti bunyi jantannya, agak sepi, meski untuk burung2 tertentu (misalnya CR, LB dsb) bisa lebih bagus ceweknya.
Kalau Anda punya AM macet padahal kondisi fisiknya terlihat fit dan sudah tidak dalam kondisi mabung, maka lakukanlah beberapa tips yang sudah ada di Foruim AM ini dan lakukan juga tips kecil yang moga-moga manfaatnya besar, yang saya “rekam” dari pembicaraan saya dengan Om Erik, teman Kartasura.
Dia mendapat tips dari seorang penghobi AM dari Sleman yang sudah almarhum (catatan, di Sleman Jogja atau di desa-desa di Jogja/Jateng umumnya, AM dikenal dengan nama salakan karena suka terbang di rumpun2 salak).
Dan…. eh… hampir lupa tipsnya malah… ini:
Beri EF buah sawo yang benar2 matang atau malah cenderung sudah gembur tetapi tidak busuk.
Dia bilang juga bahwa untuk EF buah harian, kalau tidak ada sawo, ya pepaya matang. Dan itu lebih bagus ketimbang pisang.
Untuk lebih membawa hasil, coba AMnya dimain embun. Pagi-pagi sekali, saat embun masih turun, keluarkan AM Anda.
Kalau masih bandel tidak mau bunyi, bawa saja ke dokter hewan Jatmiko Jogja. Dia bisa beri suntik “anu” (rahasia dagang katanya) yang bisa menjadikan AM macet jadi bunyi. Anda bisa nitipkan di sana barang 3-7 hari untuk merawat AM Anda.
Kalau keberatan ke Jogja, ya kumpulkan saja teman2 KM yang AMnya macet di satu kota, dijadwal harinya, undang dokter itu, dia akan datang. Biaya, ya mangga nanti dirembuk saja tetapi nggak akan mahalan kok.
BTW, dengan cara suntik “anu” itu, kawan saya borong beberapa AM macetan (yang sehat dan diduga jantan tentunya) dan dibawa ke sana. Beberapa AM meleset karena ternyata betina. Tetapi masih untunglah karena satuan mecat beli Rp 180m- 200an ribu/ekor, bisa dijual Rp 500rb-an.
Semoga bermanfat.
Salam,
Duto

[Maaf titip pesan: Kalau Anda, saudara Anda, kenalan atau rekan Anda selalu gagal mendapatkan pekerjaan, coba deh ikuti konsultasi menembus dunia kerja bersama tim saya, Tim GG. Gratis…tis. Klik saja di sini.]

17 Tanggapan to “Bunyikan anis merah macet”

  1. nardi said

    mas,anis saya macet juga nih.kira2 di jakarta ada punya kenalan dokter ga?klo ada saya minta alamat nya y mas.thx

    salam ,
    nardi

    Jawab:

    Waduo… gak punya….
    Dokter apa emang? Ya cerita-lah macetnya seperti apa, awalnya seperti apa, rawatan kayak apa dsb. Oke?

  2. willy said

    Sugeng dalu pak Duto….
    menyambung respon p.Duto pada pertanyaan sebelumnya. dimanakah alamat dr.Jatmiko? saya posisi di Pacitan jadi cuma deket klo mau ke jogja.Matursuwun sebelumnya.
    Salam
    -Willy-

    Jawab:
    Coba ditelepon saja dulu tanyakan ancar2 rumahnya mana begitu ya.

  3. nardi said

    mas,untuk AM saya kurang paham masalah perawatannya yg dulu karena saya dikasi kel.saya tanya pun ga ada yg tau kenapa bisa ga bunyi.yg jelas saya sudah coba pake sawo ga dimakan.keadaanya sih segar bugar,makannya bnyk,sehat & tidak lagi mabung.sekarang kondisinya lagi birahi.makanya saya mau suntik aja.tapi saya ada di jkt.kira2 penanganannya gimana y.mas,terimakasih

    salam
    nardi

    Jawab:
    Kalau saya jawab “sabaaar…” pasti terdengar klise ya… tetapi itu memang kuncinya.
    Yang penting dijaga tidak kegemukan, nanti bunyi dah…
    Hehehe, sekali lagi… sabar… nggak perlu main suntik segala-lah…oke?

  4. wawan said

    Salam sejahtera om duto..
    Mohon pencerahannya
    2bln lalu saya baru barter CI+KT dg 1ekor AM
    Sebelumnya saya sudah lihat AM tsb teler tapi waktu saya keluar kota,oleh teman sangkar AM tsb diganti bulat(sblmnya segi empat) dan dilatih mandi karamba (digiring pakai stick) pdahal dari informasi yg punya dulu mandi pakai sprayer serta setelan jangkrik dibuat 3/3(yg punya sblmnya 5/5)
    Skrg AM tsb macet bunyi dan bahkan 2bln kmdn menjadi mabung.
    Kira2 perawatan apakah yg bisa saya terapkan?sebagai informasi, saya telah melakukan saran terapi embun & buah sawo sblm mabung tp tidak berhasil.
    Skrg AM kondisi mabung dan saya kembalikan sangkar menjadi segi empat (baru),jangkrik 5/4,uh 3/3,kroto 1sdm/hr,mandi,jemur & buah stop samasekali.
    Mohon pencerahannya agar AM tsb kembali bunyi dan teler spt dulu
    Tks sblmnya

    Jawab:
    untuk proses mabungnya, gunakan saja model memabungkan secara ekstrem. Selain bisa mabung sempurna, juga akan mengembalikan mental burung (model bertapa sih hehehe). Untuk sangkar memang sebaiknya dikembalikan/ dicarikan yang sama dengan bentuk semula.
    Eh, kalau sedang mabung, jangkrik jangan banyak2 agar tidak kegemukan. Kurangi jadi 3/2 dan nggak diberi UH dulu tetapi porsi kroto yang ditambah.

  5. tito said

    Halo Om,Mo tanya nih.pasaran AM trotolan brapa ya(indukan berkualitas)?kalo di kirim ke kediri bisa ga ya?tengkiu Om.salam..

    Jawab:
    Dalam waktu dekat ini teman Jogja mau mendatangkan AM trotolan pilihan dari Bali. Semuanya akan diberi ring AM KMYK dimulai dengan nomor 001 dst.
    Harga saya belum tahu berapaan tetapi kalau di Solo harga pasaran untuk trotolan bagus antara 500-750. Kalau tidak dipilihkan (memilih darin kandang ombyokan) harga sekitar 350 – 500 rb.

  6. wawan said

    Sugeng ndalu om duto,
    mengapa AM kondisi mabung sebaiknya tidak diberi UH?apakah ada efek negatifnya?
    Sebelum pake UH mabungnya kurang total meskipun saya tambah porsi krotonya?

    Jawab:
    Nggak apa-apa sebenarnya, cuma UH bikin gemuk karena kandungan lemaknya tinggi. Bukan masalah akan katarak atau enggak (saya nggak percaya sih kalau UH bikin katarak). Cuma bikin gemuk dan karenanya bikin burung macet bunyi lama sehabis mabung. Kecuali burung dalam kondisi aktif banyak gerak, UH nggak apa-apa.

  7. Dodi said

    Met siang mas duto,gni om saya pnya AM kira2 umurnya 1 th. Sya beli dr temen kt temen saya ktnya dh mulai mw bunyi..tp udah 2 bln di tmpt saya g mw bunyi..kt temen sya perawatannya jangkring 3-4 pagi sore + cacing 1 ekor pagi sore..tp tetep g mw bunyi..saya coba tips dr ms duto yaitu di kasi sawo & di maenin embun klu pg..tp tetep g mw bunyi juga..yg mw sya tanyakan om..maenin embunnya itu tiap hr om..smpe anis bunyi.? Apa nantinya burung g pilek mas.? Oh iya om apa ada efeknya klu AM terlalu bnyk di kasi jangkring & cacing..?

    Jawab:
    Sudah pernah dengar bunyinya dulu ketika di rumah teman? Karena “katanya” maka Om sendiri belum yakin kan? Ya sama deh dengan saya. Tetapi yang jelas, rawat AM memang nggak bisa seperti burung lain. Harus ekstra sabar dan telaten. AM burungnya gampang2n susah. Teruskan saja rawatanya. Diembunkan nggak akan menyebabkan pilek. Kalau cacing diberikan rutin pagi sore, jangkriknya dikurangi jadi 2-2 saja pagi sore,

  8. Dodi said

    Oh iya maaf y klu sya panggilnya kadang2 “mas” kadang2 “om” maklum smbil krj jd ga bgt konsen..he,he..:-D

    Jawab:
    Ah santai aja Om….jangan kapok ya Mas hehehehe… (saya niru nih)…

  9. willy said

    sugeng dalu om Duto….
    sabtu maren punglor merah saya bawa ke latihan sesuai saran om Duto untuk melatih mental sekalian biar teler sebab di rumah blom sekalipun pernah teler.alhamdulilah mau kerja dan teler.tetapi telernya kok ga bisa lama dan langsung loncat2 terus.apa setingan EF-nya blom pas?untuk info tiap harinya saya kasih jangkrik 2 pagi dan 2 sore.oh iya punglor saya blom pernah mabung mulai dari trotol.apakah mentalnya akan down klo saya trek tiap minggu sekali mengingat rata2 burung yang dibawa teman2 ke latihan sudah mabung 2 sampe 3x.matur suwun atas pencerahannya…
    salam
    -willy-

    Jawab:
    Wah bagus. Sudah teler meski sebentar itu sudah menunjukkan perkembangan. Dilatih terus saja, tetapi karena masih muda jangan lama-lama. Atau kalau dibawa latihan cukup digantangkan di luar arena dan dia mendengar AM lain nunyi. Itu akan merangsang dia untuk ikut2an bunyi.
    Untuk settingan pakan nggak usah diubah2. Lanjutkan saja.

  10. Dodi said

    Met pg om…gni om sya mw tanya lg ney..saya dh coba anjuran dr om..yaitu burung di embunin trz jangkring 4-3 sore pg..cacing 3x dlm sepekan..yg jd permasalahan..anis saya ko jd loyo trz nafsu mknnya kurang..trz sering ngantuk..pdhl kmrn2 agresif & lincah..kira2 knp y om anis saya trz obtnya apa.?

    Jawab:
    Kalau itu bukan dari rawatan standardnya. AMnya ya sedang nggak fit saja/sakit. Apa ada bulu2 kecil jatuh? Coba selama 3 hari cukup dikeluarkan jam 6-an sampai jam 7 ataun 8. Setelah diangin2kan kerodong dulu terus biar kondisinya fit.

  11. Dodi said

    Klu bulu kecil sih g ada yg rontok..om.! Kira2 klu di kasi obt super-N bgs engga om.? Biar nafsu mknnya kembli normal.!

    Jawab:
    Untuk tambah nafsu makan, kasih saja obat penambah nafus makan yg biasa untuk baby. Tanya ke apotik, nama depan paka A dan terakhir huruf F. Petugas apotik pasti tahu. Nah itu kasihkan dua-tiga tetes di wadah minum ukuran sedang/biasa. Nanti nafus makan burung bisa nambah.

  12. yuan said

    saya mau tanya om bagaimana cara menangkarkan AM karena saya sudah punya AM jantan+Am batina.

    Jawab:
    Saya belum punya referensi banyak mengenai penangkara AM karena saya baru melihat sekali di Magelang. Hanya saja, settingnya sama denga kalau menangkar jalaksuren dan anis kembang. Coba untuk yang dua terakhir itu nanti saya tulis dan bisa untuk referensi ya…

  13. Dodi said

    Ah..si om teka-teki..ney.! He..he..ywdh nanti saya cri dey om,makasi y om tas informasinya..sukses slalu bwt om duto..:-)

  14. nanang said

    betul Bos, AM sy dulu jg beli mrh banget dr temen kondisi macet (hehehe pindah tangan ke njenengan dulu)
    sy treat harian pake buah sawo matang, cacing 1x p-s, jangkrik 1x p-s, kroto seminggu 1x ditambah embun pagi jam 04.30 wib sebelum sholat subuh
    (btw, ada AM co macet gratis gak, tak ambil hehehe :D)

    Jawab:
    Wah mentang-mentang bisa bunyikan anis macet, kok sekarang jadi semangat cari AM macetan ya? Hehehe, tetapi yang gratis, nanti tunggu kalau ada orang bosen dan pengin membuangnya ke halaman rumah saya ya heheheheh. (Saya juga mau lho kalau ada yg gratisan huahuahuaha…).

  15. nanang said

    ada tambahan lg nich (ato mungkin pertanyaan ya…?)
    ada treat tambahan lg utk AM macet, yaitu diumbar ke tanah dgn alasan untuk menyembuhkan AM yg stres sehingga macet, dikondisikan spt dialam gt,
    benar ato salah belum tahu, lha wong ini sy cmn baca treat di halaman tetangga aja.
    Monggo silahkan dikomen…
    thank’s

    Jawab:
    Semoga jadi tambahan referensi untuk kawan2 yang punya AM macet…

  16. Dodi said

    Met siang..gni om saya mw tanya untk EF untk AM klu cacingnya di kasi cacing kering..gmn om berpengaruh ga om.?

    Jawab:
    Waduh sulit juga nih jawabnya. Soalnya belum pernah tahu sih. Cuma misalnya kita suka sama roit basah lantas dioven jadi roti kering kayaknya kok nggak apa-apa ya asal bisa masuk perut, hehehehe. Cuma bagian yang basah dari cacing itu sebenarnya bermanfaat apa enggak sih ketika dia masih dalam bentuk aselinya…, saya nggak tahu.
    Selama efeknya nggak buruk, saya kira tidak masalah (memang saya kira juga nggak apa2).

  17. fajar said

    Met sore om Duto …
    mo tanya dikit nich , klo dokter jatmiko tuh alamatnya mana ? atau klo ada no telponya , saya dari jogja tapi baru denger ttg suntik untuk anis merah biar bisa bunyi.
    terimakasih
    Salam

    Jawab:
    Telpon 02747172948

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: