My Blog

Just another WordPress.com weblog

Ukuran tangkringan

Posted by Sista pada November 23, 2008

ris L (Pertanyaan di forum kicaumania.org):

Mohon petunjuknya dong gimana sih ngukur diameter tangkringan dengan ukuran kaki seekor burung, agar tangkringannya jangan mpe kegedean ato kekecilan.
Thanx…

Duto:
Nggak ada ukuran pasti bahkan untuk burung yang sama jenisnya karena itu masalah kebiasaan.
Untuk ngukurnya (kalau itu burung baru kita dapat dan kita tidak tahu persis ukuran kebiasaaanya), maka pada kali pertama kita menyangkarkan, beri beberapa tangkringan sementara (bisa 4 sampai 5) dengan diameter yang berbeda:
Tangkringan 1: Berdiameter setengah dari panjang ujung jari depan terpanjang sampai ujung jari belakang.
Tangkringan 2: Berdiameter 2 mm lebih lebar ketimbang tangkringan 1
Dst sampai tangkringan ke-5.
Catatan: Pakan dan air jangan ditaruh di ujung/dekat salah satu tangkringan tetapi diletakkan mepet dasar sangkar.
Luangkan waktu barang 2-3 jam (nggak usah melotot terus menerus tetapi sambil beraktivitas lainnya) dan perhatikan, mana tangkringan yang paling banyak dihinggapi si burung. Nah, kira2, itulah diameter tangkringan yang ideal untuk burung Anda itu.
Semoga membantu.
Ada ide lain?
Salam,
Duto

Iklan

Satu Tanggapan to “Ukuran tangkringan”

  1. adi said

    pak duto,
    apakah bahan tangkringan mempengaruhi mood seekor burung ? contohnya tangkringan dari kayu asem katanya lebih ” dingin “, sehingga membuat burung lebih nyaman, dan tangkringan dr kayu jati katanya ” panas “, sehingga membuat burung kurang nyaman.
    dan apakah tangkringan yg ada serbuk amplas lebih baik dr yg tanpa serbuk amplas ?
    terima kasih.

    Jawab:

    Soal tangkringan tergantung juga kondisi lingkungan Pak. Kalau lingkungan dingin, tidak ada pengaruh signifikan.
    Kalau biasa jemur misalnya, tangkringan kayu asem yang masih ada kulitnya memang memantulkan panas sehingga kayu tetap dingin/atau tidak terlalu panas.
    Soal tangkringan yang ada serbuk amplasnya, jangan digunakan terus menerus karena justru bisa menggerus kuku/kulit kaki burung. Gunakan saja selama 5 hari dalam sebulan.
    Yang penting, diameter tangkringan dibuat yang sama.
    Salam,
    Duto Solo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: