My Blog

Just another WordPress.com weblog

Menangani AK mabung

Posted by Sista pada Januari 16, 2009

Met siang mas,

Maaf blom bs maen ke rmh mas krn msh repot. Mau tanya soal anis kembang (AK) mas.
Sy hbs beli AK pas posisi brodol alias ngurak alias mabung hehe…. biar komplit mas. Mmg sblum sy ambil sdh kelihatan AK-nya mau brodol. Stlah sampe di rmh msh ttp brodol tp stlah bbrp hari krn ada semut yg masuk ke sangkar akhirnya AK sy mandiin skalian cuci sangkarnya. Ternyata stlah AK tak mandiin e..e..e.. malah gak nerusin tuh brodolnya. Mhn info or pengalaman mas duto, gmn biar AK tsb lanjut brodolnya.

Matur nuwun,
Salam,
@nDry

Jawab:

Hehe, kalau itu kan pernah saya ulas di KM juga. Intinya diteruskan dengan terapi mabung total. Terapkan saja cara ini:
1. Full kerodong.
2. Ganti merk voer.
3. Tembak kroto sehari sesendok makan.
4. Nggak dimandikan, nggak dijemur.
5. Nggak usah dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.
6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.
Nanti akan akan berlanjut rontoknyha meski nunggu beberapa hari.
Kalau ada masalah, tulis lagi aja.
Salam,
Duto

About these ads

Satu Tanggapan to “Menangani AK mabung”

  1. ChoxyS said

    Om,ngasih jakrik+myk ikan aturan’e gmn? pa tiap hr ato smggu skli? Leh mnt no hp g,swktu2 lo meh knsultasi jd enk.thxs..

    Jawab:
    Dua minggu sekali saja untuk perawatan harian. Kalau pas mabung/moulting tiga kali sepekan. Untuk nomer HP dan lainnya, bisa diklik di sini.

    Salam,
    Duto Solo

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: