My Blog

Just another WordPress.com weblog

MB kena berak kapur?

Posted by Sista pada Oktober 24, 2008

Tanya:

Om Duto, perkenalkan, saya Adri dari Yogya.

Saya yang masih pemula mau tanya, berhubung Om Edi jarang muncul.

Saya punya MB bakalan, MB ekor hitam, umur tidak tahu, tapi ciri2nya kaki putih, dan bulu di sekitar dubur masih ada putihnya, ekor pendek +- 12 cm hanya 4 lembar.

Pola rawatan, jangkrik pagi 5 sore 5, kadang2 saya tambahi cacing, kroto jarang2, 2 minggu sekali. Voer belum begitu doyan. MBnya tidak terlalu lincah tapi juga tidak murung, biasanya kalau pagi loncat2 ke 2 tangkringan, tapi kalau agak siang lebih sering diam di tangkringan atas. Nafsu makan cukup tinggi, bahkan kalau pagi bisa habis 7 ekor jangkrik.

MB hanya ngriwik2 saja, namun betah banget, belum ngeplong sama sekali.

Permasalahan saya adalah MB tersebut beraknya putih, dan campur garis-garis hitam (mungkin dari jangkriknya).

Pertanyaan saya, apakah MB saya kena penyakit Berak kapur (Pollorum)? karena MB saya cukup sehat, apakah memang MB yang kena Berak kapur penampilannya tetap kelihatan sehat? walaupun sebetulnya sakit?

Apakah ciri2 MB/burung yang kena penyakit ini?

karena kata tetangga saya, berak putih masih umum bagi MB yang belum begitu doyan voer.

Yang kedua, berapa kira2 umur MB saya, dengan ciri2 masih ada bulu putih di sekitar dubur/pantat, tetapi sudah tidak ada trotolannya, yang seharusnya warnanya coklat kekuningan.

Terimakasih Om Duto.

(Pertanyaan melalui PM di www.kicaumania.org)

Jawab:

Coba pakai Amectin Sol untuk soal penyakitnya. Barangnya bisa didapat dari dokter hewan Jatmiko Jogja.

Dia welcome banget dengan member KM. Bilang saja teman Duto KM. Dia juga bisa untuk konsultasi segala penyakit burung, free. Lebih baik kalau datang ke rumahnya. Tanya saja per telepon untuk datang ke lokasi prakteknya.

Saya juga nitip AK di sana untuk diobati karena serak dan nggak bunyi.

Soal umur MB, paling ya sekitar 5 bulanan kalau hasil tangkaran. Kalau tangkapan hutan, 9 bulanan.

Okey ya.

Salam,

Duto

About these ads

2 Tanggapan to “MB kena berak kapur?”

  1. danto said

    mas duto yg terhormat,saya baru beli MB,sekitar 6 hr yg lalu,di pramuka.kata pedagangnya tuh MB peranakan medan n lampung n di bil juga masih muda emang sih diliat kynya gt.krn kakinya putih,lehernya ada sebgian yg belum tumbuh,ekornya sekitar setengah jengkal orng dewasa,(ga tau pasti)kynya masih mabung d.tapi udah ga ada bulu yg rontok.kendalanya sekarang dr beli MBnya diam aja di tangkringan ga bnyk gerak,terus krukutan mulu.gmn y biar aktif n cepet bunyi?kreketannya sih udah mulai rapet.terus memang MB harus di krodongin terus y?
    minta saran untuk perawatannya dong untuk MB ky gt.Thx bgt22 y mas……Sorry byk tanya.karena ,masih baru bgt punya MB.
    Salam,
    Danto

    Jawab:
    Wah MB Om itu MB “Melam” ya Om… medan-lampung…. hehehe…. Memangnya itu dari penangkaran ya kok orangnya tahu kalau peranakan Medan-Lampung…
    Yang jelas itu sedang dalam kondisi moulting (ngurak). Diterapi ngurak. Untuk referensi menangani MB ngurak bisa baca tulisan mengenai terapi kacer yang sedang mabung karena aplikasinya hampir sama. Bisa lihat lagi di sini..

    Salam,
    Duto Solo

  2. danto said

    Mas,mau nanya lagi nih….ktnya mas MB sy lagi ngurak,n kondisi bagus untuk pemasteran.kira2 klo mau di master kan dengan cd gmn caranya,waktunya kpn aja?mengingat saya kuli..n bgsnya 1 jenis suara burung apa yg campuran?soalnya sy punya cd MB yg campuran dgn jenis burung lain gmn?
    oh ya….ktnya klo lg ngurak pake kapur n dedak,boleh ga dasarnya setelah di kasi kapur n dedak dilapisin koran lg?soalnya sy punya MB dulu meninggal karena palanya terselip jari2 yg dibawah kandang.ngomong2 beli kapurnya dimana y?
    satu lg nih mas,saya kasi makan voer malau n fancy,tp yg dimakan malau aja.gmn ngerubahnya y?kemarin sy coba pake voer fancy aja,belum dimakan.infom saya kasi jangkrik pagi 5,malam pulang kerja 5.kroto lg di berhentiin dulu sementara,ga pa2 kan?
    thx… masukannya mas.

    salam,
    danto

    Jawab:
    Soal pemasteran, baca-baca ini dan ini lagi deh.
    Untuk pakan, yang diganti secara bertahap. Siip.

    Salam,
    Duto Solo

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: